Richard's Review

Tuesday, August 01, 2006

Darkest Fear - Petualangan Horor di ponsel


Belum banyak game di ponsel yang bertemakan horror. Yang menarik, game dimainkan dalam petualangan yang panjang yang penuh dengan teka teki di masing-masing levelnya. Coba deh game seru ini, dijamin kamu penasaran!

Dari berbagai jenis game, yang paling sulit untuk disajikan dalam bentuk game mobile adalah horor. Kalau pun ada, game horor yang ada di ponsel cenderung membosankan, teka-teki dan alur cerita yang kurang menarik, dan sama sekali tidak menyeramkan. Tidak demikian dengan permainan yang satu ini, justru sebaliknya.

Dalam Darkest Fear, kita berperan sebagai Thomas Warden, peneliti sejarah, yang baru saja menerima telepon bernada cemas dari istrinya, Susan, yang memberitahunya bahwa dia dan putri mereka terkurung di rumah sakit tempat Susan bekerja, sekaligus tempat Helen, putri mereka dirawat. Uniknya, rumah sakit itu pernah digunakan sebagai tempat viral epidemic, yang menyebabkan pasiennya menjadi mahluk tak nampak yang hidupnya tergantung pada kegelapan. Aneh juga!!

Untuk bertahan hidup, Thomas harus berjalan di bilik-bilik rumah sakit menggunakan sumber cahaya buatan seperti kaca, lentera, dan senter, yang memberikan penerangan di sekitarnya untuk menghindari serangan dalam kegelapan. Lucunya, tidak tersedia senjata pada game ini. Awas!! Hindari tempat yang gelap. Sebab di tempat ini sangat memungkinkan anda diserang makhluk tak berwujud. Anda perlu menyalakan ruangan di sekeliling melalui saklar lampu, atau dengan membuka jendela.

Game ini terdiri dari 15 level. Semuanya bertujuan utama menyelamatkan pasien-pasien dengan melindungi mereka secara simultan menggunakan cahaya. Pengalaman paling mengesankan dari game ini adalah pembuatan area terang dan gelap yang real time. Saat kita berjalan dengan sumber cahaya, efek cahayanya menyesuaikan sendiri, tanpa terasa adanya saat berhenti yang terlalu lama. Kita berkesempatan untuk membunuh satu mahluk kegelapan jika kita dapat memberikan cukup cahaya kepadanya. Bayangan yang berkelebat akan musnah dengan sorotan lampu kita.

Dari ke 15 level tersebut, sebagian besar tidak aktif ketika anda baru pertama kali memainkannya. Yang dapat digunakan awalnya adalah : The Beginning dan First Aid Room. Setelah anda menyelesaikan 2 level pertama tersebut, baru bisa melanjutkan ke level berikutnya yang lebih seru. Rasakan sensasinya ketika anda berhasil melanjutkan ke level berikutnya.

Dari tampilan awal, ikon game terlihat kurang menarik dengan gambar sederhana. Game buatan Rovio mobile ini juga tidak memiliki banyak pengaturan sebelum bermain kecuali : aktif/non aktif sound, language, dan clear save.

Namun, game menyediakan dialog di dalamnya. Anda perlu memperhatikan setiap dialog dengan seksama untuk dapat melangkah dengan baik ke level berikutnya. Menurut penilaian kami, suasana horror akan lebih terasa jika visual yang ditampilkan disertai dengan suara yang membuat bulu kuduk merinding. Sayang sekali, developer kurang memaksimalkannya. Darkest fear mungkin merupakan salah satu game mobile yang suaranya perlu ditingkatkan. Tanpa suara, game kehilangan efek seramnya.

Gerakan pemain kami nilai cukup lambat. Apalagi kalau sedang membawa lampu penerangan. Akibatnya, akan memberikan rasa ketidaknyamanan bagi user yang terbiasa dengan game cepat.

Terlepas dari segi horornya, game disertai teka-teki yang harus dipecahkan. Misalkan saja kita harus menggerakan boks-boks, menekan tombol untuk membuka pintu, dan menyusun sumber cahaya sedemikian sehingga kita dapat melanjutkan permainan dengan aman.

Petualangan di game ini hanya melibatkan anda seorang diri. Akan lebih menarik jika game memberikan opsi multiplayer (menggunakan Bluetooth misalnya), pasti akan lebih seru berpetualang bersama teman

Spesifikasi :

Genre : Adventure

Developer : Rovio Mobile

Publisher : Rovio Mobile

Multiplayer : no

Sound : no

Vibration : no

Size : 176

Platform : java

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home