Richard's Review

Tuesday, August 01, 2006

The Da Vinci Code: The Quest Begins - Memukau Nalar, Mengguncang Iman!

Pembuatan game ini diilhami dari novel karangan Dan Brown yang cukup controversial lalu dilanjutkan dengan kehadirannya di layar lebar. Kali ini, versi mobile game Da Vinci Code pun menarik untuk dicoba.

Tema The Quest Begins buatan Blaze merupakan salah satu dari 3 tema lain The Da Vinci Code produksi mereka. Pada game petualangan action seru ini, anda berperan sebagai Robert Langdon dan Sophie Neveu untuk memecahkan misteri game ini. Langdon adalah pakar simbolog Harvard yang sedang berada di Paris untuk rencana pertemuannya dengan seorang kurator senior di museum Louvre. Ternyata kurator tersebut terbunuh sebelum pertemuan mereka tercapai. Langdon bersama rekannya, Sophie Neveu seorang pemecah kode berbakat terlibat petualangan memecahkan misteri ini. Di balik terbunuhnya sang kurator, ternyata terdapat lapis demi lapis teka-teki aneh yang memiliki keterkaitan dengan serangkaian petunjuk tersembunyi di balik karya-karya terkenal Leonardo Da Vinci. Yaitu petunjuk-petunjuk yang tampak agar terlihat semua orang tapi sengaja disamarkan dengan jenius oleh sang pelukis.

Petunjuk itu berupa misteri yang mencerahkan sekaligus berbahaya yang telah disembunyikan berabad-abad. Langdon dan Sophie harus memecahkan teka-teki kuno itu.

Scoring

Penghitungan nilai dalam permainan ini didasarkan pada seberapa cepat anda menyelesaikan setiap levelnya. Semakin cepat anda menyelesaikan teka-teki, semakin baik nilai yang diperoleh.

Mirip cerita aslinya

Bagi yang telah membaca novelnya, tidak akan asing lagi mengikuti tampilan game ini. Cerita di game ini mirip dengan novel aslinya. Permainan diawali di museum Louvre di Paris. Anda disuguhi tampilan tubuh Jacques Sauniere (sang curator) tergeletak tak bernyawa dengan tangan terrentang dan keseluruhan tubuh (kepala, tangan, dan kaki) membentuk 5 titik di dalam lingkaran. Di sekitarnya terdapat secarik kertas tulisan sang kurator berupa deret Fibonacci. Sophie berhasil memecahkan kode tersebut yang memberikan arahan kepada Sophie dan Langdon untuk menyelidiki lukisan-lukisan karya Da Vinci.

Penuh teka-teki

Permainan ini menyediakan berbagai puzzle yang perlu dipecahkan seperti pertanyaan-pertanyaan sejarah dan pengetahuan umum. Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat anda temukan jawabannya pada novel aslinya. Juga dibutuhkan kemampuan anda mengambil keputusan dengan cepat termasuk saat harus melewati sinar laser yang melintang untuk menghindari alarm. Bukan saja teka-teki serius, terkadang permainan ini juga menyediakan teki-teki jenaka yang menggelikan pemainnya.

Switch your character

Game ini mengharuskan anda mengendalikan 2 pemeran utama yaitu Langdon dan Sophie yang selalu berada saling berdekatan. Anda bisa saling mempertukarkan apakah Sophie atau Langdon yang ada di depan. Gunakan tombol 7. Tapi pertukaran ini hanyalah dilihat dari tampilannya saja. Tidak memberikan manfaat menjaga permainan di situasi tertentu.

Isometric angle

Yang kurang menarik dari permainan ini adalah arah gerakan pemain yang menyilang sehingga tidak sesuai dengan arah tombol navigasi. Misalkan, anda ingin mengarahkan pemain ke arah diagonal kanan-atas, anda tidak bisa mengarahkannya dengan menekan tombol navigasi ke kanan, tetapi ke arah atas. Perlu penyesuaian beberapa waktu untuk dapat menikmati kendali game ini. Mungkin maksud developer adalah untuk memberikan tampilan yang cukup artistic melalui sudut isometric.

Karakter-karakter yang ada juga tidak menampilkan actor seperti di versi film nya. Jadi, jangan berharap ada Tom Hanks di game ini!

Spesifikasi :

Genre : Adventure

Developer : Blaze

Publisher : Blaze

Multiplayer : no

Sound : yes

Vibration : yes

Size : 167 KB

Platform : java

Situs : www.themobilegamers.co.uk

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home