Richard's Review

Tuesday, August 01, 2006

Tomb Raider - Petualangan sang Legenda


Siapkah anda berpetualangan bersama Lara Croft di PDA ??

Penggemar game mana sih yang gak kenal sama Lara Croft, tokoh utama dari game legendaris Tomb Raider. Game ini merupakan game pertama yang sukses menggabungkan jenis permainan Action dan Adventure. Gameplay-nya menitik beratkan pada eksplorasi dan memecahkan berbagai puzzle, ditambah dengan pertarungan dimana Lara yang berbekal senjata pistol harus berhadapan dengan berbagai macam musuh, mulai dari Kelelawar, Beruang, hingga mafia-mafia yang bersenjata api. Game yang pertama kali dirilis pada tahun 1996 ini awalnya diperuntukan untuk gamers yang mempunyai konsol game playstation dan juga PC. Dalam waktu singkat Tomb Raider telah menarik minat gamers diseluruh dunia, dan saking terkenalnya, hingga saat ini game Tomb Raider telah dibuat hingga 5 seri! Tidak hanya itu, game yang dibuat oleh Eidos Interactive dan Core Design ini telah terjual lebih dari 26 juta kopi diseluruh dunia!!

Nah bagi anda penggemar game Tomb Raider ini, sekarang gak perlu lagi membawa-bawa game console anda yang berat ke manapun anda pergi untuk memainkan game favorit ini. Cukup install game tersebut pada PocketPC anda yang berbasis Windows Mobile, dan Lara Croft pun sudah bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja.

Pada Game Tomb Raider ini, Lara Croft ceritanya disewa oleh Jacqueline Natla, seorang CEO dari Natla Technologies, untuk mencari artifak misterius yang kabarnya terkubur di pemakaman kuno Peruvian. Anda yang memainkan Lara akan membantunya mencari Artifak tersebut dan tidak hanya itu, anda akan membantu Lara menyadari bahwa Artifak tersebut merupakan sebuah bagian dari sebuah objek yang lebih besar dan lebih dahsyat, yaitu Scion, sebuah pusaka yang berasal dari legenda benua yang telah hilang, Atlantis. Setelah bermain, anda akan menyadari bahwa yang mengejar pusaka Scion tersebut bukan hanya Lara, dan anda juga akan menyadari bahwa yang menyewa Lara Croft tidak sebaik seperti yang anda kira.

Game Tomb Raider ini memiliki 15 level, dimana Lara akan mengeksplorasi reruntuhan kuno di Amerika selatan, Yunani, Mesir, dan juga di Atlantis yang sudah menjadi legenda. Di Amerika Selatan atau tepatnya di Peru, levelnya akan dibagi menjadi 4 bagian yaitu Caves, City of Vilcabamba, The Lost Valley, dan Tomb of Qualopec. Di Yunani dibagi menjadi 9 level, St. Francis Folly, Colosseum, Palace Midas, Cistern, dan Tomb of Tihocan. Sedangkan di Mesir ada City of Khamoon, Obelisk of Khamoon, dan Sanctuary of the Scion. Hingga pada puncaknya di Atlantis akan ditemukan 3 level yaitu Natla’s Mines, Atlantis, dan The Great Pyramid.

Pada waktu pertama kali memainkan game Tomb Raider ini, perasaan canggung dalam mengontrol pergerakan dan aksi Lara dirasakan cukup sulit. Tombol navigasi digunakan untuk menggerakan tokoh Lara Croft, ditambah dengan tombol lainnya yang terdapat pada PDA untuk melakukan aksi-aksi seperti mengeluarkan senjata, menembakan senjata, melihat inventory yang ada, melompat kebelakang, dan tombol untuk keluar dari game. Nah uniknya, karena tidak seperti keypad konsol-konsol game pada umumnya yang memiliki banyak tombol, Tomb Raider versi PocketPC ini memanfaatkan Touch Screen untuk mengendalikan sang jagoan. Terdapat 7 lingkaran hijau yang masing-masing mempunyai tanda sendiri pada tampilan game, yang berfungsi sebagai tombol pengendali Lara. Lingkaran yang bertanda putar arah berfungsi untuk berputar arah secara cepat, 2 lingkaran yang bertanda panah kanan dan kiri berfungsi untuk melangkah ke kanan dan kiri, lingkaran bertanda panah atas berfungsi untuk membuat Lara melompat, lingkaran bertanda tangan berfungsi sebagai tombol action, lingkaran bertanda telapak kaki untuk berjalan biasa jika dalam keadaan terus ditekan sambil menekan tombol navigasi, dan tombol terakhir yang bertanda mata berfungsi untuk melihat keadaan disekitar Lara.

Melihat sedikit sulitnya pengendalian karakter pada Game Tomb Raider ini, perlu sedikit latihan agar bisa memainkan game tanpa hambatan. Oleh karena itu, disediakan level khusus latihan yang dapat dipilih pada menu utama, Level tersebut bernama Lara’s Home. Nah di Lara’s Home, seperti namanya, anda akan memainkan karakter Lara Croft di rumahnya yang luas dan dapat berlatih meloncat, berlari, hingga berenang. Bila anda memang penggemar game Action and Adventure dan memiliki sebuah PocketPC, jangan sampai melewatkan game Tomb Raider ini, dijamin ketagihan!

Spesifikasi :

Genre : Action Adventure

Developer : Eidos Interactive & Core Design

Multiplayer : No

Sound : Yes

Vibration : No

Size : 9,59 MB

Platform : Pocket PC

by Yudo

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home