Richard's Review

Friday, September 08, 2006

Diskusi SMS Premium

Acara ini diselenggarakan atas prakarsa majalah Mobile. Pemrednya dulu bekerja di T&t dan menjadi atasan saya, Bp Eko Kuntadhi. Acara ini menampilkan pembicara dari 3 operator (TSEL, XL, ISAT), content provider untuk SMS Premium, Bp Kamilov dari BRTI, dan Bp Miftadi Sudjai, staf pengajar Teknik Elektro STT Telkom.

Pak Miftadi bersama mahasiswanya melakukan survey mengenai SMS Premium. Survey dilakukan pada tanggal 5-17 Desember 2005 dengan responden sebanyak 210 orang, yang berusia antara 18 – 60 tahun. Kategori untuk user adalah mahasiswa, dosen, karyawan, danibu rumah tangga, dengan area survey Bandung. Jenis SMS yg disurvey adalah ringback tone, kontes AFI-KDI-PILDACIL-etc, macam-macam QUIZ, daily Quotes (Rohani), unwanted sms, dll. Operator penyelenggara SMS Premium yg disurvey adalah Telkomsel, Indosat, XL, Fren, Flexy.

Berdasarkan survey tersebut, tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan SMS premium adalah sebagai berikut:
  • 37.5% menyetakan puas
  • 54% menyetakan tidak puas
  • 8.5% menyatakan tidak tahu


Sedangkan alasan ketidakpuasan responden adalah :

  • 177 orang menyatakan ‘Tarif per SMS mahal”
  • 123 orang menyatakan “sudah UNREG, tapi tetap dikirimi SMS”
  • 112 orang menyatakan “SMS dating tengah malam/dini hari“
  • 97 orang menyatakan “SMS dating lebih dari satu kali sehari“
  • 85 orang menyatakan “Hadiah tidak pernah diumumkan“
  • 84 orang menyatakan “Privacy terganggu karena no HP diketahui pihak lain tanpa sepengetahuannya“
  • 43 orang menyatakan “Harus ganti nomor“

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home