Richard's Review

Thursday, September 14, 2006

Jimat XL

Pada hari Senin, 11 September 2006, XL mengeluarkan kartu perdana baru yang diberi nama JIMAT. Dalam bahasa Malaysia, JIMAT artinya HEMAT. Mungkin nama ini memang diambil dari Bahasa Malaysia, mengingat Telekom Malaysia merupakan pemegang saham mayoritas dan pengendali dengan kepemilikan saham sebesar 59,67%.




Kartu ini pulsanya hemat saat dipakai untuk telpon ke luar negeri (istilah keren nya: hemat panggilan internasional). Saat ini baru tersedia ke 5 negara tujuan yaitu: Singapura, Malaysia, Taiwan, Hongkong, dan China. Jadi, nomor tujuannya adalah pelanggan dari salah satu atau beberapa operator di ke lima negara itu. Tapi kalau nomor tujuannya adalah nomor operator Indonesia lainnya yang sedang roaming ke lima negara itu bisa ndak yah? Wah…..kayaknya gak bisa tuh, soalnya operator Indonesia lainnya kan juga punya layanan yang mirip-mirip dengan itu, sama2 tarif murah ke luar negeri. Nanti malah saingan dengan layanan mereka. Rencananya (1-2 bulan ini) XL juga akan deal dengan operator di Korea dan Timur Tengah. Kalau nelpon dari luar negeri ke Indonesia pakai kartu JIMAT? Gak bisa doonngg… XL belum punya prepaid roaming…..
Bagaimana sih hematnya JIMAT? Tarifnya tergolong tarif lokal. JIMAT memberikan tarif khusus, yaitu tarif lokal untuk menelepon ke semua fixed lines dan mobile lines sebesar Rp 500/30detik dengan tujuan negara Malaysia, Singapura, Hongkong, Taiwan, dan Cina. Tarif ini berlaku sampai dengan 31 Desember 2006, tetapi khusus untuk panggilan ke Celcom Malaysia, tarif ini berlaku seterusnya.
Bagaimana dengan tarif SMSnya? Untuk SMS, kalau tujuannya ke operator Celcom Malaysia tarifnya RP. 250 per SMS. Tapi kalau ke operator internasional lainnya, tarifnya Rp. 449 per sms.
Bagaimana cara menggunakannya? Tarif khusus ini dapat dinikmati konsumen dengan cara yang mudah, yaitu Tekan 18 + Kode Negara + Nomor Tujuan.
Tapi kok bisa murah yah? Soalnya teknologi yang digunakan adalah VOIP. Kenapa sih dengan VOIP bisa murah? Wahhhh….kapan2 itu bisa kita bahas pada tulisan lain. Atau ada yang mau kasih komentar sekarang dan di sini juga: “kenapa kalau pakai voip tariff nya bisa lebih murah?”
Kembali lagi ke masalah JIMAT, pasar yang dituju adalah keluarga dari orang2 yang sering bepergian ke luar negeri tapi kondisi keuangannya pas-pasan. Terutama keluarga para TKI dan keluarga para pelajar yang sedang study di luar negeri. Kalau boleh menambahkan, keluarga para wartawan yang sedang tugas liputan luar negeri…hehehe…….kan wartawan juga tergolong profesi yang pendapatannya pas-pasan….tapi mereka lumayan sering bepergian ke luar negeri…..tapi mungkin pangsa pasarnya gak sebanyak TKI or pelajar kali yaaaahhh….
Btw, kalau saya sendiri sih BELUM mencoba nelpon or SMS ke luar negeri pakai kartu prabayar JIMAT. Jangankan ke luar negeri. Ke tujuan dalam negeri pun saya belum mencoba…..hahahaha……
Bagaimana kualitas suaranya? Ada yang bilang kalau voip kualitasnya tidak sebagus kanal biasa?…….ya itu dia….belum nyobain sih…. :))
Target dari XL, hingga akhir tahun ini bisa dapat 300 ribu pelanggan baru JIMAT.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home